Senin, 02 September 2013

Dear Son Dear Opa...

Postingan ini saya buat, terinspirasi dari para makmin KEB, yang kebetulan punya anak pertama perempuan semua. Saya yang punya anak sulung laki-laki juga punya cerita tak kalah indah dalam kenangan.

Anak sulung saya yang kini saya panggil abang, adalah seorang anak manis saat kecilnya dan tetap menyenangkan sampai besarnya seperti kini. Ia lahir dengan bobot lumayan mungil untuk ukuran seorang bayi pada umumnya, yakni hanya dengan berat badan 2,7kg dengan panjang badan 50cm.

Yang membahagiakan, bidan kelahirannya adalah neneknya sendiri (ibu saya), yang memang saat itu masih aktif menjadi perawat bidan di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta. Sungguh kebetulan yang menyenangkan ^^

Proses kelahirannya begitu dinanti-nanti oleh kami semua, terutama, opa dan neneknya. Mengingat ini adalah cucu pertama. Ia lahir  tepat tanggal 2 September 1997, berselisih hanya sehari dengan tanggal kelahiran Opa, 3 September.

Bicara soal tanggal, ada kejadian lucu sesaat sebelum proses kelahiran pertama saya ini. Sempat tercetus niatan opa untuk meminta saya menunda kelahiran, agar si abang bisa lahir berbarengan dengan tanggal kelahirannya keesokan harinya. Terngiang saya akan ucapan opa pada nenek yang saat itu memimpin proses kelahiran. "emang ga ada ya obat penahan mules, biar lahirnya bisa ditahan sampai besok, jadi nanti ulang tahunnya bisa bareng sama saya. kan bagus cucu pertama ulang tahunnya bisa bareng opanya." demikian tanya opa pada nenek.

huaaaa...saya semacam pengen meringis pilu gitu dengernya. Diantara rasa mules yang menjadi-jadi juga sakit yang tak tertahankan saat itu, ucapan polos opa berasa jadi aura negatif buat saya. "What?? Maksudnya diriku harus nunda mules sampe besok gitu? "Oh my God, plisss deh opaaaa...ini aja udah ga ketahan mules dan sakitnya, mosok harus ditunda sampai besok hanya biar bisa barengan ultah", begitu ceracau saya hanya dalam hati, karena rasa sakit membuat mulut saya terkunci untuk sekedar berceloteh *gigit bantal beneran pokoknya saya saat itu* :))

Syukur Alhamdulillah, setelah melalui proses induksi yang sakitnya bener-bener terasa selangit sebumi *sumpah ini ga lebay*  akhirnya abang lahir dengan selamat, sehat wal'afiat. Wajahnya manis menyerupai bayi perempuan, terlebih dengan bobot tubuh yang mungil, ia jadi nampak seperti bayi imut-imut dengan tulang hidung terlihat sangat menonjol karena begitu tirus wajahnya.


wajah lucu abang saat berusia 6 bulan
abi dan abang setelah besar

Ia kami namai Muhammad Adib Arkan. Adib Arkan bermakna yang beradab mulia. Sebagus-bagusnya doa tentulah itu yang menjadi harapan kami untuknya. Dan kemarin adalah hari ulang tahun abang ke16. Itu berarti hari ini adalah hari ulang tahun Opa. Hari yang seharusnya menjadi hari bahagia bagi kami setiap tahunnya, karena moment inilah yang menjadi momen kebersamaan kami, dimana abang dan opa merayakan ultah bersama berselang hanya sehari.

Namun hidup itu memang tak selalu berjalan semulus impian kita. Nyatanya Allah punya cerita lain. Opa sudah kembali padaNya sejak 9 tahun yang lalu. Tak lagi bisa kami lihat senyum keceriaan opa seperti yang biasa terlihat saat opa masih bersama kami.

saat indah kebersamaan kami, saya, adik bungsu, abang, adik tengah, opa, nenek.
Senyum opa inilah yang selalu kami rindu.

Kini saya, dan kami semua di sini mengenang Opa, usai syukuran ultah abang. Teriring doa, semoga opa tenang di sana, diberi Allah tempat  terbaik. Dan semoga abang bisa menjadi anak sholeh yang menyenangkan sekaligus cucu yang membanggakan bagi Opanya. Tentu seperti doa dan harapan beliau selama hidupnya. Aamiinn YRA.

May Allah bless u Opa, we miss u :*


In memoriam Opa Gurdi

Lahir 3 September 1945
Wafat, 16 Oktober 2004



12 komentar:

  1. pasti opa di surga akan bangga terhadap anak dan cucunya...
    buat abang adib met ultah ya...wish u all the best ya :)

    BalasHapus
  2. wah,lama nggak tau kabar mbk aulia...ketemu deh di blogspot :D
    wah udah gede aja ya mbk si sulung, baarakallah...semoga menjadi anak yg soleh dan membanggakan kedua orrangtua ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn...makasii yaa mak Hanna, iyaa kayaknya bakal sering2 ketemu di blogspot kita :D

      Hapus
  3. Wahhh, jagoannya mak Aulia ganteng dehh ^^
    Semoga jadi anak yang sholeh ya abang :)

    BalasHapus
  4. Wah beda 2 tahun tuh abang ama aku haha kenalan dongs mbak =))
    Semoga abang panjang umur, sehat selalu, dan berguna bagi lingkungan sekitarnya ya mbak. Opa pasti selalu menyertai abang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...marii sinii aku kenalin Des ;)

      Aamiiin doanya, tingkuuu sdh singgah Odes :)

      Hapus
  5. Wah, anaknya udah gede dan ganteng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, makasiii ya mbak Leyla, doakan, semoga baik jg ahlaknya mbak :)

      makasii yaa udh mampir mbak Leyla

      Hapus
  6. Selalu saja terharu kalau baca yang ginian

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiii mampirnya mak Ika :* maaaaf bangeeet komennya baru sempat dibalas, secara daku msh belom rajin updet blog ni mak *ngaku :D

      Hapus