Kamis, 09 Mei 2013

Antara Saya, KEB dan Serunya Ngemsi Di Event Srikandi Blogger

Perhelatan besar Srikandi Blogger 2013 sudah usai.Namun, kesan manisnya masih tersimpan rapi di hati saya. Kalo ditanya gimana perasaan saya selama terlibat di event ini, jawabnya adalah nano nano. Jantung dipacu bekerja lebih keras karena cemas, deg-degan dengan aneka persiapan yang serba mepet. Meski akhirnya perasaan bahagia dan bersyukur lebih mendominasi saat perhelatannya usai. Fiuuhh...pengen mewek rasanya...saat saya bisa melihat 10 finalis plus 2 blogger inspiratif itu, akhirnya bisa berdiri di panggung mengenakan  selempang dan mahkota Srikandi Blogger, Sampai speechless saya saat harus membacakan satu persatu profil finalis. Benar-benar seperti mimpi menjadi nyata. Alhamdulillah ya Allah *sujud syukur*

Sedikit kilas balik, saya mengenal KEB atau yang familiar disebut emak blogger, secara tak sengaja. Ada teman yang menyeret saya masuk ke grup ini di facebook. Awal-awal masuk juga belum intens berinteraksi dengan para emak di sana. Secara sebenernya saya minder berat, karena saya termasuk si pemalas dalam urusan update blog pribadi, hingga jadilah aura blog privat saya sepi, dingin, seolah tak bernyawa, yaa...11 12 gitu deh sama rumah hantu, hihihi... Postingan yang masuk bisa diitung pake jari tangan aja (ga perlu nambah jari kaki) karena memang artikel saya masih sedikiiitt sekali, itupun sebagian besar migrasi dari artikel saya di blog keroyokan Kompasiana.Padahal rumah pribadi ini sudah saya bangun dari tahun 2011, hiksss...*jewer telinga sendiri :'(

Bersama KEB saat syuting zona komunitas detik TV


Tapi gapapa, biarlah terlambat dari pada ga sama sekali, paling tidak bergabungnya saya dengan KEB semoga bisa memicu saya untuk bangun dari penyakit malas. Karena seperti kita tahu, di KEB amat banyak penulis-penulis inspiratif dan produktif yang ga pernah mati gaya apalagi kehabisan ide dalam menulis. Dan hebatnya notabene hampir semuanya emak-emak seperti saya, yang juga masih direpotkan dengan krucil-krucil dan urusan rumah tangganya. Tapi jangan tanya semangatnya, saya aja sukses dibuat minder, hehehe...:)

Di setahun ultahnya, KEB menelurkan ide besar membuat event Srikandi Blogger 2013. Saya yang baru aja masuk  di grup ini tentu senang mendengarnya. Walau lagi-lagi saya harus mikir seribu kali untuk ikutan kompetisinya, mengingat blog pribadi saya yang sepi bak kuburan itu. Namun sungguh saya ga pernah menyangka kalo kemudian akhirnya takdir membawa saya menjadi salah satu panitia perhelatan akbar ini. Sungguh inilah takdir terkeren dalam hidup saya, karena saya bisa ada di jajaran makpan yang ikut repot menghelat event perdana KEB ini. Woww...Siapalah saya ini? Bahkan sayapun belum mengenal semua jajaran makmin dan makpan lainnya kecuali makpon Mira Sahid dan beberapa dari mereka. Sebut saja para emak yang hebat seperti mak Indah Juli, mak Irma, mak Wiek, mak Waya, mak Aryani, mak Sary, mak Lusi, mak Carolina Ratri. Nama para emak ini masih asing bagi saya.Ihh...kuper banget ya saya *lap jidat*

Rasa minder kembali hadir, saat makpuh Indah Juli dalam rapat perdana menyebut-nyebut MC acara yang belio ga tau kalo sayalah orangnya, padahal saya duduk manis sejajar beliau, hihihi...resiko blogger ga ngetop yaa gitu deh, harap maklum.Tapi gapapa, lagi-lagi saya melecut diri saya sendiri untuk proaktif mendekat dan mengenalkan diri pada emak-emak hebat ini. Dan Alhamdulillah, pada rapat-rapat berikutnya saya mulai mengenal lebih dekat para emak, dan bisa menyapa dengan akrab.Kebersamaanpun mulai saya rasakan.

Selanjutnya hari-hari penuh kecemasan dan ketegangan jelang event mulai saya rasakan. Bukan semata masalah persiapan gelaran eventnya, tapi karena saya di daulat untuk ngemsi di event akbar ini. Masalahnya juga tak sampai di persoalan akbar saja, namun ini juga event perdana bagi KEB. Event krusial yang akan menentukan harumnya nama KEB ke depan. Hingga beban untuk sukses memandu acara benar-benar membuat saya mendadak sakit kepala jelang event. Ini semua karena ide gila mak Sumarti Saelan yang menggaransi nama saya duduk di kandidat MC. Duhh...emang deh emak satu ini, hobinya jorokin orang *pengen jitak* :p

Saya dirundung cemas dengan banyak pertanyaan menghantui benak. Bisakah saya? Apa mampu menjawab tantangan dan tanggung jawab yang dibebankan pada pundak saya? Secara sebelumnya saya minim (baca: nihil) pengalaman ngemsi. Paling banter saya bicara di depan umum hanya untuk keperluan presentasi di komunitas saya terdahulu yang bergerak di bidang penyuluhan internet sehat. Selebihnya, jam terbang saya nol untuk urusan ngemsi. Jadi kebayang dong betapa panas dinginnya saya jelang event ini. Saya harus punya misi besar membuat acara ini sukses saya pandu. Jangan sampai kerja saya mengecewakan para makpan dan makmin serta sponsor yang sudah susah payah menghelatnya. Waktupun jadi terasa lambat berjalan. Tanggal 28 April, saya lingkari pada almanak saya. Dan saya ingin bersegara tanggal itu cepat berlalu.

Tantangan pertama untuk tugas ngemsi ini adalah membuat script MC. Nah lho..bagian ini juga bikin saya gubrak deh, secara saya ga pernah buat scipt serupa sebelumnya, ga ada bayangan buatnya harus gimana. Ditambah saya juga harus membuat aneka games dan ice breaking yang seseru mungkin, yang ga garing dan bisa menghidupkan suasana. Huaaa... pengen lari dan ngilang deh rasanya. Sempat merayu mak Wiek untuk bantuin bikin, Tapi karena semua sudah sibuk dengan tugas masing-masing, akhirnya saya yang harus usaha sendiri. Dan benarlah kata pepatah, when there is a will, there is a away. Dan yeyyy...saya sukses membuat full script naskah MC itu dengan hanya bermodalkan selembar rundown.

Oia, satu hal menyenangkan lagi, saya ditugaskan membaca profil para finalis dan dewan juri sebelum detik-detik pengumuman, karenanya sayapun diwajibkan makpan membuat resume data dan menjelajah satu persatu blog para juri dan finalis Srikandi Blogger.Akhirnya karena itu, saya jadi kenal deh semua finalis hebat dari profil yang tertera, baca-baca prestasinya, bongkar-bongkar fb dan fotonya. Dengan ini saya mohon maaf yaa para emak hebat 12 Srikandi Blogger, karena saya sudah ubek-ubek datanya tanpa permisi, semoga dimaafkeuun *sungkem*

Beruntung saya dipasangkan dengan MC yang lumayan keren juga kreatif. Dia cowok cool bernama Arie Goiq. Gayanya yang asik dan lumayan ngocol, mampu mengimbangi saya yang aslinya kalem ini (eitsss...dilarang protes :p) Dari Arie, saya belajar kilat mengenai sedikit hal ihwal ngemsi. Ya..maklumlah saya MC dadakan. Saya baru berkenalan dan kontak beliau via bbm hanya 5 hari jelang event. Dalam waktu sesingkat itulah saya beradaptasi dengan solmet baru saya ini. Dan kita benar-benar baru bisa bertemu muka ketika Gladi Resik (GR) sebelum acara. Di GR itulah kami berlatih bersama. Awalnya kaku tentu saja. Mati-matian kami menyesuaikan diri agar chit chatnya klik dan nyambung.

Akhirnya tibalah juga tanggal bersejarah itu. 28 April. Sebelum tampil, saya diwajibkan berdandan di ruang rias. Nah...di bagian ini ceritapun tak kurang serunya.Tata rias para pengisi acara disponsori oleh Wardah. Wajah sayapun di sulap sedemikian rupa hingga banyak orang tak mengenali saya, termasuk Faiz, anak bungsu saya yang datang menyusul bersama abinya. Faiz bengong dan hendak lari saat saya dekati, dengan muka heran dan takut dia pandangi wajah saya, dan satu-satunya point of viewnya adalah memandang bulu mata saya. Hadeeeuuuhh naaak...ini Ummi lhoo, bukan miss Piggy, hahahaha...desperate banget saya liat ekspresinya. Meski begitu, walau riasan wajah saya terasa too heavy buat saya yang nyaris ga pernah dandan, terlebih dengan gandulan bulu mata anti badai ala syahrini, saya berusaha stay cool menikmatinya. Semua demi KEB tercinta, gapapalah rempong-rempong dikit :)

Inilah tampilan saya before dan after dengan solmet saya mas Arie Goiq

Saya dan Ari saat GR

Saya dan Arie usai di make over oleh Wardah


Dan akhirnya anda semualah yang bisa menilai bagaimana hasil jerih payah usaha saya menjadi PD di tengah krisis percaya diri saya yang sesungguhnya akut. Semoga tak mengecewakan dan bisa memenuhi harapan para makpan.

Memandu acara pembukaan Srikandi Blogger  2013  (foto. dok, pak Dian Kelana) 


Satu hal yang saya petik dari event ini, saya belajar banyak dari para emak-emak hebat di jajaran makpan dan makmin. Saya belajar bersabar menahan ego pribadi. Belajar bekerja dalam team dengan banyak bertenggang rasa menghadapi aneka masalah dengan saling menutupi kekurangan team Dengan semangat kebersamaan sebisa mungkin, kami bahu membahu menutup setiap lubang kekurangan itu. Walau tetap saja, tak ada gading yang retak.Tak ada sesuatu di dunia ini yang sempurna.Karena kesempurnaan hanya milikNya. Sepenuhnya tugas kita hanya sampai pada ikhtiar. Perkara hasil, biar Allah saja yang melengkapi.

Akhirnya...ketjup untuk semua makpan, makjur, 10 emak-emak finalis, semua emak-emak di babak penyisihan. Kalian semuanya hebat dan menginspirasi. I love u all. Terimakasih sudah memberi saya kesempatan bergabung di KEB juga dalam kepanitiaan, semoga KEB sukses selalu, dan ke depan program Srikandi Bloggernya bisa berkelanjutan. Aamiinnn YRA.

note: kalo butuh MC, hubungi aku ya maaak...*judulnya udah pede, hihihi...:))

muaaaccchh semuaaaa...Go KEB!!! :*





15 komentar:

  1. Senang ngeliat aksi Mak satu ini sebagai MC. Nebak-nebak namanya, enggak tahunya selesai acara baru tahu dia adalah Mak Aulia Gurdi. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi....senang akhirnya bisa ketemu dan bersapa denganmu mak Haya Aliya Zaki...walau sebelumnya aku udh pernah liat dirimu waktu syuting sama o channel itu mak, cuma waktu itu belum sempat nyapa dan ngobrol :)

      terimakasih sdh singgah mak dan selamat sekali lagi untukmu...peluuuk :*

      Hapus
  2. Mak Auliaaa....sama sekali gk keliatan gugup....mantap dan PD sejak awal membuka acara. Kereeen...suamiku juga bilang gitu, Mbak Aulia bagus bawain acaranya..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mak Winda...berkat solmet saya juga itu...dan juga dorongan emak2 yg hebat2 di belakang saya :)

      Hapus
  3. Peluk mak aluia...............heheheh :) mantab mak nge-MC-ya...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hug too mak Sri Sugiarti...makasii yaaa :*

      Hapus
  4. semoga suatu hari kita bisa bersua ya, mak :* aku koq ya terharu baca tulisanmu :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiinn mak Sary..ingin juga ketemu dirimu...semoga dirimu sehat selalu...kisss buat baby Maira yaa :*

      Terimakasih sdh singgah mak :)

      Hapus
  5. haaai solmet... wakakakakaka :))

    BalasHapus
  6. good job mi, hrs sering2 ngemsy kayaknya biar gak kagok lg pake bulu mata anti badainya...cetar membahana hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahahahaha.....ada hubungannya yo mak Edi antara ngemci karo bulu mata :P ?

      kerennnn mak.....(y)

      Hapus
    2. hahahaha...kelilipan akuu maaak :P

      Hapus
  7. Wah keren :|
    Kalau aq yg disuruh, bisa kaku duluan demam panggung :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...mak Linda, aku jg sempat kok, walau ga keterusan ;)

      Hapus